CIP: Dana Bantuan untuk Panti Asuhan di Dinas Sosial Gowa Rawan Diselewengkan

0

GOWA, TR – Center Information Publik (CIP) menyoroti penggunaan dana bantuan untuk panti asuhan yang dikelola oleh Dinas Sosial Kabupaten Gowa. Pengelolaan dana bantuan dinilai tidak transparan dan akuntabel.

“Rawan terjadi penyalahgunaan anggaran bahkan penyelewengan dana untuk panti asuhan di Gowa, karena Dinas Sosial sebagai instansi terkait tidak transparan,” urai Direktur Eksekutif CIP Zulfiadi Muis di Sungguminasa, Gowa, Sabtu (10/3/2018).

Beberapa faktor yang menjadi penyebab dana bantuan untuk panti asuhan hingga rawan diselewengkan, antara lain tidak ada database yang valid terkait jumlah anak yang dirawat di panti asuhan.

“Jangankan itu, jumlah panti asuhan di Gowa yang mendapat bantuan melalui Dinas Sosial juga dipertanyakan, itu titiknya di mana?,” terang Zulfiadi.

Zulfiadi menyebutkan, langkah untuk menyoroti pengelolaan dana bantuan untuk panti asuhan ini agar diharapkan kedepannya ada transparansi penyaluran.

“Kalau tidak transparan, jumlah panti asuhan penerima bantuan, jumlah anak yang dirawat di panti asuhan bisa saja dimanipulasi untuk kepentingan sekelompok orang. Kita harapkan penyaluran dana bantuan untuk panti asuhan tepat sasaran dan tepat guna,” pungkas Zulfiadi. (Udhin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here