NH Akan Perjuangkan Sungguminasa Jadi Kotamadya

0

GOWA, TR – Calon Gubernur Sulsel, Nurdin Halid (NH), akan memperjuangkan Sungguminasa, ibukota Gowa untuk naik tingkat menjadi kotamadya. Selanjutnya, dataran tinggi di Kabupaten Gowa pun diupayakan menjadi kabupaten. Dengan demikian, akselerasi perekonomian dan pembangunan pada daerah tersebut bisa lebih cepat.

“Beritahu rakyat Gowa, NH-Aziz ingin menjadikan Gowa sebagai kotamadya. Toh, sudah pantas Sungguminasa menjadi kotamadya. Jadi bukan memekarkan Gowa, tapi jadikan satu kotamadya dan satu kabupaten,” kata NH, di sela rapat konsolidasi pengurus Golkar dan tim pemenangan GNH-17 se-Kabupaten Gowa di Sekretariat Golkar Gowa, Senin (5/3/2018).

Terobosan menjadikan Sungguminasa naik status menjadi kotamadya, NH menuturkan memiliki efek besar dalam perekonomian dan pembangunan daerah. Misalnya daerah di dataran tinggi lingkup Gowa yang luas bisa menjadi kabupaten tersendiri. Muaranya, ada perhatian khusus untuk mendorong percepatan pembangunan berkali-kali lipat dibandingkan saat ini.

“Ini bukan janji palsu, itu akan saya perjuangkan dengan segala potensi dan kemampuan. Toh, semuanya demi kepentingan rakyat Gowa,” tegas Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia itu.

NH sendiri sudah memiliki pengalaman dalam pemekaran wilayah. Mantan Ketua PSSI itu merupakan tokoh yang turut berjuang dalam pembentukan provinsi Sulbar yang dulunya masuk daerah administrasi Sulsel. NH tercatat sebagai penandatangan pertama hak inisiatif DPR RI untuk pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Sulbar.

Berkat dukungan NH yang kala itu berstatus legislator pusat, DPR-RI akhirnya mengesahkan Undang-Undang Nomor 26 tahun 2004 tentang Pembentukan Provinsi Sulbar menjadi Provinsi ke-33 di Indonesia pada 22 September 2004. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here