Beranda Opini Media Sosial Dalam Pilkada, Memanfaatkan Atau Dimanfaatkan

Media Sosial Dalam Pilkada, Memanfaatkan Atau Dimanfaatkan

80
0
BAGIKAN

Opini, TR — KPU telah menetapkan nomor urut pasangan calon pemimpin daerah, baik di tingkat provinsi maupun kab/kota. Rangkaian kontestasi pilkada serentak 2018 inipun secara resmi memasuki babak baru. Pesta demokrasi telah dimulai.

Yang menjadi sorotan penting di pilkada 2018 ini selain para calon dan tim sukses masing-masing, adalah juga para pegiat media sosial. Pertama kali dalam sejarah sebuah momen pemilu diramaikan oleh tidak kurang dari 2000 media online lokal maupun nasional.

Angka fantastis diatas tentu saja menjadikan Pilkada 2018 ini panggung tersendiri bagi mereka yg berafiliasi dengan paslon tertentu. Dalam hal ini tentu saja mereka yang terorganisir dan secara struktur menjadi bagian dari tim pemenangan. Sejauh mana mereka bisa memanfaatkan kekuatan media sbg wadah transformasi ide utk meyakinkan para voters.

Di lain sisi, media sosial juga menjadi sarana bagi para pemilih untuk menyuarakan opininya thdp paslon tertentu ataupun sekedar laporan aktual yg terjadi di lapangan selama proses pilkada berlangsung. Hal ini akan menjadi testcase bagi para politisi millenial untuk mengukur seberapa signifikan pengaruh opini netizen terhadap keterpilihan calon. Karena harus diakui, dinamika media sosial yang begitu progresif ini akan menjadi salah satu kekuatan besar di kontestasi-kontestasi berikutnya di masa mendatang.

Tidak kalah pentingnya pula dampak negatif dari dinamika media sosial internet hari ini yaitu penyebaran berita miring atau HOAX. Hal ini menjadi tantangan bagi para pegiat medsos untuk tentunya meminimalisir penyebaran berita hoax demi menjaga iklim sosial politik agar tetap kondusif.

Akhir kata, selamat berpesta demokrasi. Semoga momentum pilkada ini bisa menjadi pendidikan politik yang mencerdaskan masyarakat, dan tidak mencerai-beraikan silaturrahmi dan ukhuwah. Pilihan boleh beda. Persaudaraan harus dijaga. Berpolitik jangan baper.

Wassalam.
Makassar, Februari 2018

Idham Raihutama
(Aktifis Media Sosial)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here