Buka Orientasi PPG SM-3T, Rektor UNM Harap Peserta Jadi Guru yang “Kaffah”

0

MAKASSAR, TR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Orientasi Pendidikan Profesi Guru Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (PPG SM-3T) dan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Bersubsidi di Menara Pinisi UNM, Kamis (8/2/2018).

Kegiatan yang diikuti 319 peserta tersebut, dibuka oleh Rektor UNM, Prof Husain Syam. Dalam sambutannya, ia menyampaikan agenda ini merupakan kegiatan yang wajib ditempuh oleh peserta PPG SM3T dari berbagai bidang studi, melalui program ini peserta bisa mendalami dan memantapkan kompetensinya sebagai guru yang profesional.

Ia juga menyampaikan, menjadi guru mesti mencitai profesi tersebut, Sehingga guru dapat menjadi “Kaffah” ataupun total dalam mengabdi dan tentu akan guru yang profesional.

“Kami berharap para peserta mengikuti setiap kegiatan pembelajaran dengan serius, disiplin, fokus tapi tetap rileks, sehingga para peserta dapat meningkatkan kemampuan pedagogik yang mendukungnya dalam merancang dan memberikan pembelajaran yang menarik di ruang kelas,” terangnya.

Baginya, kegiatan tersebut selain akan mengembangkan kompetensi pedagogik guru, juga akan mengembangkan tiga kompetensi lain yang juga harus dikuasai guru, yakni profesional, kepribadian serta sosial.

Direktur P3G UNM, Prof Ramli Umar, menyampaikan kegiatan ini merupakan perhatian dan keterlibatan para pemangku kepentingan dalam kegiatan PPG yang perlu mendapatkan apresiasi yang tinggi. Apalagi UNM memiliki peran dalam program ini.

“Tentu membekali peserta Program PPG SM-3T agar memiliki kemampuan mengajar termasuk kesiapan mengajar dengan rangkaian pengabdian selama satu tahun di daerah terdepan, terluar, tertinggal (SM-3T) yang dilanjutkan dengan Program PPG berbeasiswa dan berasrama. Untuk program ini terdiri dari sejumlah angkatan dan sejumlah program studi,” tandas alumni Ilmu Geografi UNM ini. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here