Agus Arifin Nu’mang Ajak Warga Sulsel Shalat Gerhana Secara Berjamaah

0

MAKASSAR, TR – Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu’mang, mengajak, agar semua masjid yang ada di Sulawesi Selatan untuk menggelar shalat gerhana bulan secara berjamaah.

“Hari itu, tepatnya nanti malam, merupakan puncak gerhana bulan. Dan ini sangat istimewa, karena gabungan  fenomena alam yang disebut blue blood moon alias supermoon, sehingga bulan akan tampak berwarna kemerahan atau oranye,” kata Agus Arifin Nu’mang, Rabu (31/1/2018).

Mantan Ketua DPRD Sulsel itu berharap, gerhana bulan bisa dinikmati oleh semua warga di Makassar khususnya. “Semoga tidak mendung atau hujan. Jadi kita bisa menyaksikan fenomena alam yang jarang terjadi tersebut,” lanjutnya.

Ia meminta warga tidak percaya mitos-mitos zaman dulu, yang orang takut untuk melihat fenomena alam tersebut. Lantaran itu harus disyukuri, karena kita masih bisa melihat kemuliaan Allah itu.

“Bukan hanya umat muslim yang melakukan salat, agama lain pun yang mengambil hikmah dan positifnya gerhana bulan tersebut, diharapkan bisa beribadah atau berdoa dan bersyukur sesuai dengan keyakinannya. Seperti penganut agama Hindu yang biasanya juga bersembahyang dan menabuh gendang saat gerhana bulan,” jelas Agus.

Berdasarkan informasi dari pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), di Kota Makassar dan sekitarnya, terjadi dalam beberapa fase.

Mulai dengan fase gerhana penubra pukul 18.51 Wita. Gerhana sebagian mulai pukul 19.48 Wita dan gerhana total sekitar pukul 20.07 Wita. Lalu gerhana sebagian berakhir 23.11 Wita dan gerhana penubra berakhir pukul 00.08 Wita. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here