Beranda Opini Dari Sepeda Melahirkan Konsep Labuba Malabo

Dari Sepeda Melahirkan Konsep Labuba Malabo

87
0
BAGIKAN

Opini — Kerap terlihat bersepeda, karena mengayuh kendaraan roda dua ini adalah salah satu hobinya. Tak jarang Ia terlihat bersepeda dengan Ibu Majdah isterinya. Saya hanya melihat beberpa foto album nya bersama dengan berbagai komunitas roda dua ini. Wakil gubernur Sulawesi Selatan ini memang memiliki beberapa sepeda gunung. Sepeda sepeda itu telah membawanya menapaki gunung gunung yang ada di Sulawesi. Mungkin ini pula yang mengilhami mantan ketua DPRD ini menggagas Labuba Malabo, singkatan dari Latimojong, Bulusaraung dan Bawakaraeng untuk Labuba yang mengambil nama gunung di Sulsel itu.

Beratnya medan akses ke gunung gunung itu, tak menghalangi pria 5 anak yang juga penggiat mobil off road ini. Bersama dengan hobbi offroadnya memungkinkannya mencapai medan medan yang belum terjamah transportasi publik. Maka dalam gagasan besarnya itu Ia bisa melihat potensi besar ekonomi yang berada di pegunungan. Pembukaan akses konektivitas antara gunung dan pesisir menjadi salah satu grand strateginya untuk melanjutkan kesinambungan pembangunan di daerah ini. Ia memprediksi, pertumbuhan ekonomi yang cukup baik di Sulsel ini akan menemui titik jenuh , bila tidak dilakukan terobosan terobosan baru.

Selain sepeda gunung , rupanya pak Agus Arifin Nu’mang punya cerita tentang sepeda tua. Ia tak pernah bisa melupakan masa kecil bersepeda . Hampir setiap hari Ibu harus mengingatkannya untuk berhati hati bersepeda. Ibu sangat khawatir ,terutama setelah kejadian yang menimpa anak Jenderal Yusuf meninggal karena Tetanus. Ia harus menggunakan sepeda Onthel, karena sepeda masih terbilang langka saat itu. Sepeda yang dibagikan buat para abdi negara itu. Ia selalu ingat pesan ibunya untuk selalu berhati hati , menjaga agar kakinya tidak masuk ke terali sepeda kenangnya.

Agus sejak SD sudah hobi bersepeda. Hal yang paling menantang baginya adalah bersepeda meniti pematang sawah. Konsentrasi dan keseimbangan mereka diuji, goyang sedikit saja mereka bisa tercebur di rerimbunan padi. Masa kecilnya itu, Ia ikut ke daerah Sidrap tempat penugasan ayahnya sebagai Bupati kepala daerah. Hamparan sawah yang luas di daerah itu, adalah salah satu keberhasilan pemerintahan ayahandanya selama 12 tahun . Perihal bersepeda di pematang sawah itu , Agus yang akhirnya menjadi sarjana pertanian, mengaku sejak kecil sering dibawah ayahnya ke sawah dan bertemu petani. Dibawah kepemimpinan Kolonel Arifin Nu’mang daerah Sidrap mampu meningkatkan produktifitas hingga menjadi salah satu lumbung beras, dan mendapat kunjungan dari presiden RI kedua Jendral Soeharto.

Oleh: Muh. Yusuf Saleh

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here