Agus AN di Asia Eropa Meeting

0

Oleh Muh. Yusuf Saleh

Opini — Saya datang lebih awal, beberapa tamu asing terlihat menikmati kopi break. Dari kartu nama mereka sebahagian besar pengusaha dan dari kedutaan. Berbincang sejenak dengan duta besar Vietnam dan First Concellour Polandia Dimitrian. Mereka adalah peserta forum dialog Asia Eropa yang diselenggarakan di hotel Arya Duta Makassar dari tanggal 28 – 29 Maret 2012 silam.

Kami semua berdiri ketika Bapak Wagub memasuki ruangan. Pak Agus Arifin Nu’mang mewakili pemerintah Sulawesi Selatan membuka acara yang bertajuk green ekonomi itu. Pembawaannya tenang, penuh percaya diri dihadapan tamu tamu mancanegara. Ia mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada semua delegasi. Ia memaparkan kemajuan ekonomi yang dicapai Sulsel . Ia meminta pengusaha Sulsel memanfaatkan moment ini sebaik mungkin tak lupa juga Ia mempromosikan daerah ini.

Selepas pembukaan , terlihat Ia berbincang serius dengan beberapa anggota delegasi. Acara yang dikoordinir oleh Yuli mumpuni Dirjen Amerika dan Eropa Kemenlu ini, merupakan forum dialog antara Asia dan Eropa.Terakhir bertemu dengan Ibu Yuli, saat Ia telah menjadi Dubes di Spanyol, kami bertemu kembali tahun 2016 lalu di Madrid. Sementara Dubes Vietnam yang menjadi pembicara tamu, yang memaparkan keberhasilan Vietnam dalam implementasi Green Ekonomi di negaranya. Saya beberapa kali bertemu kembali dengannya dibeberapa pertemuan di Jakarta.

Hari kedua pertemuan itu, kami melakukan site Visit ke PT.BOMAR di KIMA. Malamnya tamu tamu di hibur tarian tradisional di baruga Sangia Seri sambil menikmati makan malam. Beberapa delegasi merasa terkesan dengan kemajuan daerah ini, saat bersama mereka menikmati sunset dibandingkan pantai loasari. Negara negara yang tercatat menghadiri pertemuan forum Asia Eropa ini adalah Amerika, Denmark, Prancis, Polandia, Vietnam, Singapura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here