Habiskan Anggaran, Proyek Pipa Air di Gowa Belum Difungsikan

0

Gowa – Pekerjaan Proyek Perpipaan Tahun 2016 di dusun Tompobulu kelurahan Kecamatan Biring Bulu Kabupaten Gowa yang menghabiskan Anggaran Pemerintah sebesar Rp 400 juta rupiah sampai saat ini belum difungsikan.

Pasalnya, pekerjaan pemasangan pipa tahun 2016 di dusun Tompobulu tersebut hingga saat ini belum juga dituntaskan. Sehingga, pipa untuk menyalurkan air bersih bagi masyarakat setempat tidak berfungsi.

“Sampai saat ini, proyek itu belum diselesaikan dan  pekerjaanya agak setengah-setengah jadinya, mulai dari awal hingga pemasangan pipa. Buktinya, pipa penyaluran air bersih itu tidak berfungsi,” ujar SD, warga setempat kepada Teropongrakyat.net, Kamis (31/08/2017).

Namun, informasi yang ia peroleh, proyek itu pengawasannya dari Dinas Pekerjaan Umum, Rustam dan pihak Kontraktornya yang bernama Hj. Yayuk. Tapi itu tidak jadi persoalan, yang penting hasil pekerjaan itu bermutu dan bermanfaat bagi masyarakat. Faktanya justru mengecewakan, anggaran sudah dihabiskan, tapi pekerjaan belum diselesaikan.

“Proyek itu berbau pelanggaran hukum, uang habis tapi pekerjaan belum selesai,” tegasnya.

Menurutnya, alokasi anggaran ratusan juta untuk proyek pemasangan pipa itu terbuang percuma. Sebab, tidak dapat difungsikan untuk penyaluran air bersih sebagai salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat. Artinya, alokasi anggaran untuk proyek itu sia-sia saja, tidak bermanfaat dan hanya merugikan masyarakat.

Baca juga : Anggaran Rp 34 Miliyar DID Bantaeng Dinilai Ada Indikasi Korupsi

“Kalau seperti ini yang terjadi, yang diuntungkan pihak pemenang tender. Yang rugi ya jelas kami masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, SD meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) kabupaten Kabupaten.Gowa untuk turun langsung dilokasi pekerjaan. Tujuanya, guna menyaksikan, dan melihat secara langsung kondisi pekerjaan di dusun setempat.

“Kami minta dengan tegas kepada PU untuk turun kroscek dilokasi proyek, karena pekerjaan yang menghabiskan anggaran negara ini sampai saat ini belum berfungsi,” pintanya.

Sementara itu, pihak Kontraktor yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya Hj.Yayuk mengatakan akan menyuruh pengawas dari pihak Dinas Pekerjaan Umum agar secepatnya untuk memperbaiki pipa tersebut

“Saya sudah ditelepon oleh pengawasnya, untuk memperbaiki pipa air bersih, dia minta tolong kepada saya, agar segera memperbaiki,” ujarnya.

Lanjut ia juga menjelaskan hanya mesinnya sementara masih dipesan, apabila mesinnya sudah ada, dia berjanji akan memperbaikinya, “Kemungkinan hari Senin, pekan depan saya akan perbaiki,” ucapnya.

 

Penulis : Udhin
Foto : int | Editor : Anas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here